JA Medicare - шаблон joomla Создание сайтов

NICU (Neonatal Intensive Care Unit)

NICU (Neonatal Intensive Care Unit)

Sample image

 

NICU adalah singkatan dari neonatal intensive care unit. Artinya, ruangan ini digunakan untuk bayi baru lahir yang memerlukan perawatan khusus misalnya berat badan rendah, fungsi pernafasan kurang sempurna, prematur, mengalami kesulitan dalam persalinan, menunjukkan tanda tanda mengkuatirkan dalam beberapa hari pertama kehidupan.

Ada beberapa kondisi yang membuat bayi perlu masuk ke ruangan ini, seperti kelahiran prematur hingga kondisi cacat lahir. Organ tubuh bayi-bayi yang masuk NICU, umumnya belum bisa menjalankan fungsinya secara mandiri setelah keluar dari rahim, sehingga membutuhkan berbagai alat bantu untuk bisa berfungsi.

Kondisi ini mengharuskan bayi baru lahir masuk NICU. Ada beberapa contoh kondisi yang membuat bayi perlu dirawat di dalam ruang NICU, antara lain:

  1. Kelahiran prematur

    Bayi yang lahir saat usia kehamilan kurang dari 37 minggu adalah salah satu kondisi yang paling sering dijumpai di NICU. Sebab, bayi yang lahir prematur belum siap untuk menghadapi dunianya sendiri di luar rahim ibu.Tubuh bayi belum bisa mengatur suhu yang ideal untuk kesehatan organ. Selain itu, bayi prematur juga rentan mengalami penurunan berat badan yang drastis dan tanda-tanda vital seperti detak jantung maupun pernapasannya belum stabil.

  2. Respiratory distress syndrome (RDS)

    Kondisi ini terjadi apabila perkembangan paru-paru bayi belum terjadi secara optimal. Sehingga, bayi masih membutuhkan alat bantu untuk bisa bernapas.

  3. Infeksi atau sepsis

    Infeksi adalah salah satu kondisi yang paling banyak menyebabkan kematian pada bayi yang baru lahir. Semakin prematur bayi, maka risiko terkena infeksinya pun akan semakin tinggi. Sebab, sistem imun di tubuhnya belum terbentuk sempurna.

  4. Hipoglikemia atau kadar gula darah rendah

    Kadar gula darah yang rendah biasanya terjadi pada bayi-bayi yang lahir secara prematur. Selain itu, kondisi ini juga seringkali muncul pada bayi dengan infeksi maupun ibu yang menderita diabetes gestational.

  5. Depresi perinatal

    Adanya masalah saat proses persalinan bisa membuat aliran darah dan oksigen di tubuh bayi menurun drastis. Hal ini berisiko menyebabkan terjadinya cedera otak dan mengganggu tumbuh kembang bayi di masa mendatang.

  6. Maternal chorioamnionitis

    Kondisi ini terjadi saat plasenta maupun tali pusat mengalami infeksi dan peradangan, sebelum atau saat persalinan berlangsung. Hal ini membuat bayi berisiko tinggi terkena infeksi.

 

Fasilitas NICU